Laman

welcome

SELAMAT DATANG DI BLOG KHAIRAT

2/12/2013


WAKTU DAN KEHIDUPAN

Suatu persoalan yang sangat penting dalam kehidupan manusia adalah WAKTU. Kehidupan adalah waktu yang terbentang antara kelahiran dan kematian. Semua yang kita lakukan dalam kehidupan ini membutuhkan dan melalui proses yang memerlukan waktu. Demikianlah keterkaitan waktu dalam kehidupan.
Waktu adalah salah satu nikmat Allah yang sangat berharga dan hal yang termahal yang dimiliki manusia karena setiap waktu memiliki barokah dan manfaat yang berbeda-beda. Semilidetik pun waktu itu lebih berharga dari harta apapun yang ada di dunia ini. Setiap hari berlalu, setiap jam terlewati dan setiap kesempatan berjalan, yang semuanya akan berlalu dengan cepat dan tidak mungkin kembali lagi bahkan tidak dapat diganti.
Apa saja pilihan hidup anda? Bagaimana anda menghabiskan waktu sehari-hari? Pilihan adalah yang menentukan arah kehidupan kita dan proses untuk mencapai pilihan itu membutuhkan waktu. Alangkah banyak orang yang merugi! Betapa banyak orang pada zaman ini mempunyai pilihan hidup untuk masa depannya tetapi mereka malah membuang-buang waktu dan kesempatan mereka untuk hal yang tidak bermanfaat. Seakan mereka hidup seribu tahun lagi dan yakin dengan keberhasilan di masa yang akan datang serta berpikir semua akan mengalir dengan berjalannya waktu. Pandangan seperti itulah yang mempengaruhi cara berpikir mereka dan secara tidak sadar terlupakan betapa banyaknya waktu yang terbuang sia-sia sehingga menunda pencapaian piihan.
Setiap hari kita memiliki kesempatan 86.400 detik tanpa ada tambahan waktu lagi dalam memanfaatkan detik-detik umur dan setiap hembusan nafas untuk amal kebaikan, kesehatan, kebahagiaan dan kesuksesan. Kesempatan itulah yang disebut waktu.
Dalam sehari semalam telah ditetapkan waktu 24 jam. Semua manusia dimana saja mereka berada memiliki jatah waktu yang sama. Diantara mereka ada yang mampu mempergunakan waktu dengan baik tetapi banyak pula yang tidak bisa mengelola waktu yang tersedia karena mereka lalai.
Salah satu ayat dalam Al-Qur’an yang memberi isyarat waktu pada pagi dan petang yang diberkahi itu. Misalnya, firman Allah : “Dan sebutlah nama Tuhanmu dalam hatimu dengan merendahkan diri dan rasa takut dan dengan tidak mengeraskan suara di waktu pagi dan petang, dan janganlah kamu termasuk orang-orang yang lalai.” (Al-A’raf :1,2)
Dari ayat tersebut, kita bisa mengambil kesimpulan bahwa kita harus bisa menghargai waktu yang dimiliki dan memanfaatkannya semaksimal dan seefesien mungkin karena modal setiap manusia di dunia adalah waktu yang singkat, nafas yang terbatas dan hari-hari yang berbilang
Waktu memang sangat bernilai. Ini juga tercermin dari keberadaannya yang akan terus berlalu tanpa mungkin kembali lagi. Benar juga dengan orang yang mengatakan kalau “setiap yang akan datang adalah dekat dan semua yang berlalu akan semakin jauh.” Kenyataan yang seperti ini akan dipahami dan dimengerti bagi mereka yang menghargai waktu sehingga tidak sedetikpun waktu yang disia-siakan.
Jaga dan hargai waktu! Raih kemenangan dan kesuksesan tanpa tangan kosong dengan kecerdasan memanajemen waktu, mengoptimalkan waktu yang ada, memanfaatkan waktu dengan sebaik-baiknya dan memandang setiap kesempatan adalah penting karena waktu adalah kehidupan. Waktu tidak menunggu siapa-siapa. Jadi, berdayakan potensi yang ada pada waktu.

Oleh : Khairat

Tidak ada komentar:

Posting Komentar