Laman

welcome

SELAMAT DATANG DI BLOG KHAIRAT

2/12/2013




MUNCULNYA JERAWAT DAN PENCEGAHANNYA
Bersama         : Dra. Rustini, MSi, Apt
(Dosen Fakultas Farmasi)


Hampir semua orang di dunia pernah mengalami masalah dengan jerawat. Jerawat umumnya muncul pada wajah, namun dapat juga muncul pada kepala, punggung dan lengan atas. Jerawat juga masalah yang sangat umum bagi wanita,, sebenarnya apa saja yang bisa menyebabkan timbulnya jerawat? Kenapa efek jerawat berbeda-beda tiap orang dan apa dasar memilih obat yang pas serta cara mengatasi munculnya jerawat?
Jerawat adalah salah satu penyakit kulit yang sering membuat semua orang galau karena wajah terlihat kotor karena dihinggapi jerawat. Jenis jerawat macam-macam dan umumya penyebabnya adalah bakteri Propionibacterium Acnes dimana P.Acnes merupakan bakteri penyebab jerawat atau bisa juga kita sebut sebagai bakteri jerawat yang memiliki watak pertumbuhan atau perkembangbiakan yang relatif lambat dan merupakan jenis bakteri yang hidup tanpa memerlukan adanya oksigen
Bakteri Jerawat ini sebagian besar ada pada kulit banyak orang dan ia hidup di daerah asam lemak yang tersembunyi di dalam pori pori kulit. Ketika pori pori kulit terhalang atau tidak bisa bernafas maka bakteri yang sifatnya tumbuh dalam lingkungan tanpa oksigen ini menjadi tumbuh sangat cepat dan mengeluarkan banyak bahan kimia untuk merusak jaringan jaringan pada pori pori kulit sehingga timbul jerawat.
Komedo Acnes juga merupakan jerawat, dimana comedo tersebut mencapai permukaan kulit sehingga kulit kelihatan berwarna hitam. Warna hitam ini adalah perubahan yang terjadi karena terkena udara.
Beberapa factor yang menyebabkan beberapa orang mendapatkan jerawat adalah faktor keluarga/genetik, hormon aktivitas seperti siklus haid dan pubertas karena hormone tidak normah, jerawat pada wanita dewasa mungkin karena fitur kondisi-kondisi seperti kehamilan, iritasi kulit atau peradangan, stres juga dapat meningkatkan tumbuhnya jerawat dan umumnya karena adanya bakteri dalam pori-pori yaitu bakteri Propionibacterium acnes (P. acnes). Efek berbeda-bedanya jerawat yang ada pada tiap orang itu karena adanya perbedaan kandungan yang ada di kulit.
Cara mengatasi munculnya jerawat secara alami adalah rajin membersihkan wajah dengan menggunakan air dan sabun seperti sabun antiseptic, jangan sampai wajah berminyak karena hal itu lebih menyenangkan bakteri tumbuh. Dasar milih obat yang pas untuk mengobati jerawat adalah seperti  CS sulfur dan umumnya dokter memberikan obat minum yang antibiotic sesuai dengan berat jerawat yang menyerang kulit seseorang. Salah satu obat tradisional yang bisa digunakan adalah memberikan sentuhan bawang putih langsung pada jerawat. Namun dengan cara membasuh wajahlah yang lebih efektif dalam mengatasi munculnya jerawat.

Oleh : Khairat

Tidak ada komentar:

Posting Komentar